Selasa, 19 Januari 2021

MATERI KELAS 5 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

 MATERI KELAS 5 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

MATERINYA: BHS. INDONESIA, IPS dan PPKn

Materi tambahan BHS. Indonesia:

Menyimpulkan isi teks dari cerita yang dibacakan dari media cetak

Setiap teks berita mengandung pokok-pokok berita yang dapat diperoleh dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut! 

a. Apa yang terjadi? (what)

b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where) 

c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)

d. Siapa yang mengalami? (who) 

e. Mengapa hal itu terjadi? (why) 

f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how) 


Langkah-langkah untuk menentukan kalimat utama:

  • Baca kalimat pertama dan terakhir dalam paragraf.
  • Tentukan ide utama kalimat itu.
  • Kalimat yang mengandung ide utama disebut kalimat utama.
Kalimat utama bisa di awal paragraf, akhir paragraf, awal dan akhir paragraf, atau awal hingga akhir paragraf. Kalimat utama ini ditafsirkan oleh kalimat lain dalam paragraf dan disebut sebagai kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang jelas, deskriptif, atau dalam bentuk informasi terperinci tentang kalimat utama.
 
Paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf disebut paragraf deduksi. Paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf disebut paragraf induktif.Paragraf yang kalimat utamanya ada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran.

contoh menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas:

    (1) Beberapa kuliner tradisional mengalami sejumlah inovasi, tak terkecuali dengan cilok(2) Jajanan  tradisional khas Bandung ini kini tak hanya disajikan dengan cara dikukus saja. (3) Melainkan, kini cilok bisa diolah dengan cara dikuah, digoreng, bahkan dibakar. (4) Salah satu varian cilok tersebut adalah cilok goreng.(5) Seperti namanya, varian cilok ini dibuat dengan cara digoreng lalu diberi sejumlah bumbu penyedap. (6) Adapun bumbu-bumbu tersebut antara lain bumbu kacang, bubuk kacang, dan bubuk cabai. (7) Jajanan ini cukup populer di Bandung dan bisa ditemui di hampir setiap sudut jalan di kota Bandung.

Keterangan: 

Pada paragraf di atas, kalimat utamanya yaitu no(1): Beberapa kuliner tradisional mengalami sejumlah inovasi, tak terkecuali dengan cilok. Sementara itu, kalimat (2) hingga (7) merupakan kalimat penjelas dari kalimat nomor (1) tersebut.  jadi pikiran pokoknya adalah: inovasi kuliner tradisional

Nah anak2 setelah kalian bisa membaca keseluruhan lalu menentukan kalimat utama, menemukan kalimat pengembang atau penjelas lalu menentukan pikiran pokoknya, maka kalian baru bisa menyimpulkan isi teks bacaaan diatas.

Jadi kesimpulan isi teks di atas adalah: jajanan tradisional banyak yang mengalami inovasi seperti cilok makanan khas Kota Bandung yang variannya dulu dikukus sekarang bisa dogoreng.  



TUGAS:
BAHASA INDONESIA:
Bacalah Teks "Pentingnya Tempat Pelelangan Ikan Bagi Pembangunan Ekonomi" MAESTRO HALAMAN 26  pada pelajaran IPS. kemudian tentukan pada setiap paragrafnya:
1. Kalimat utamanaya...
2. Kalimat pengembangnya....
3. Pokok pikirannya atau ide pokoknya atau pikiran pokoknya....
4. Kesimpulkannya teks tersebut....

TUGAS PPKn:
1. Gambarlah Mind Map atau peta pikiran dari teks "Hak dan Kewajiban Warga Masyarakat" halaman 27 materi PPKn!

Paling lambat email jam 3 sore. ingat email yang tidak masuk nilainya pasti jelek atau bahkan ada mapel yang tidak saya luluskan walaupun pada semester I anak tersebut pandai. jadi cek email di bagian terkirim jika ada berarti sudah masuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 7 SUBTEMA 3 PB 1 KLS 5 2021

 TEMA 7 SUBTEMA 3 PB 1 KLS 5 2021 BAHASA INDONESIA: SURAT UNDANGAN 1. SURAT UNDANGAN RESMI 2. SURAT UNDANGAN SSETENGAH RESMI 3. SURAT UNDANG...