SDN SOKOPULUHAN 02 |
Nama : |
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2 |
||
TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
No.
Absen : |
|
Mata
Pelajaran |
:
Tematik tema 6 |
|
Kelas |
:
V (lima) |
Nilai : |
Waktu |
:
90 menit |
|
Tanggal |
:
|
I. Berikan
tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
(PPkN No 1-4)
1. Hak
seorang siswa disekolah adalah….
a. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan,
keamanan, ketertiban sekolah. |
c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan
agama yang dianutnya |
b. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah. |
d.
Menghormati guru dan saling menghargai
antar sesama murid |
2. Setiap
siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika
sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga
kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik
maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a. Kewajiban |
c. Sikap |
b. Hak |
d. Norma |
3. Keadaan
untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang
dilakukan bersama dengan orang lain disebut…
a. Tanggung jawab |
c. Hak |
b. Kewajiban |
d. Norma |
4. Tanggung
jawab setiap warga Negara adalah…
a. Menjaga
persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang
diskriminatif |
1.
c. Mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang
mereka percayai. |
b. Memiliki kedudukan
yang sama di mata hokum |
d. Menyuarakan
pendapat mereka |
(Bahasa Indonesia No
5-8)
Teks bacaan soal 5-6
Sumber
Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi
panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di
alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas
terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas
matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai
proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi
sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi
bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi
panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas
matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam,
mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu
selama satu menit! Apa yang kamu
rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah
pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik
itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu
melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas
dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di
atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain,
dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua
benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang
mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai
keluar
percikan api. Selain itu, nenek moyang
kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang
kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering,
dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api.
Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber
: Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
5. Macam-
macam sumber energy panas adalah..
a. Matahari |
c. Api |
b. Gesekan dua benda |
d. a,b, dan c benar |
6. Pokok
pikiran pada paragraph kedua adalah…
a. Sumber energi panas |
c. Manfaat energi panas matahari |
b. Macam- macam energi |
d. Energi panas matahari |
Teks bacaan soal 8
Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat
menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya
dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat
menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah
kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah
di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa
dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain
halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah
pegunungan. Mereka tidak
terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah
terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.
Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat
digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki
perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu
pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya
suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang
dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam
dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari
api. Energi panas membuat batang logam
tersebut menjadi panas. Ketika batang
logam tersebut panas, suhunya meningkat.
Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat
panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda
tersebut. Satuan suhu yang digunakan di
Indonesia adalah derajat
Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut
termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we
measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)
7. Kata
kunci pada paragraph kedua adalah…
a. Kalor |
c. Suhu |
b. Alam |
d. Panas |
8. Pokok
pikiran pada pargraf ke tiga adalah..
a. Perbedaan
panas dan suhu |
c. Persamaan panas dan suhu |
b. Panas dan suhu |
d. Hubungan panas dan suhu |
9. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang,
lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut...
a. Pengkristalan |
c. Penyusutan |
b. Pencairan |
d. Pemuaian
|
a. Derajat |
c. Suhu |
b. Celcius |
d. Kalor |
11. Alat
yang digunakan untuk mengukur suhu adalah…
a. Barometer |
c. Celcius |
b. Kalorimeter |
d. Termometer |
12. Salah satu jenis hubungan antara benda mati
dan benda hidup adalah…
a. Jenis tanah,
suhu, dan curah hujan di suatu tempat tidak dapat memengaruhi jenis tanaman
yang tumbuh dan hewan yangberkembang di daerah tersebut. |
c. Jenis tanah,
suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang
tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut. |
b. Jenis tanah,
suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang
tumbuh kecuali hewan yang berkembang di daerah tersebut. |
d. jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat
tidak dapat memengaruhi semua jenis tanaman yang tumbuh di daerah tersebut. |
13. Contoh
hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam adalah…
a. Para petani
tidak harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat
tumbuh dengan baik |
c. Para petani
menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh
dengan baik |
b. Para nelayan
bisa berlayar tanpa menyesuaikan dengan keadaan cuaca. |
d. Manusia
mencoba membuat hujan buatan. |
14. Interaksi manusia dengan alam yang mempunyai
dampak negarif adalah…
a. Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan |
c. Penggunaan musuh alami hama tanaman |
b. Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan |
d. Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan
ternak, pupuk organik |
15. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi
manusia dengan alam yaitu….
a.
Festival mane’e |
c. Festival Lagu daerah |
b.
Festival kembang api |
d. Festival budaya |
16. Urutan
nada yang disusun secara berurutan disebut…
a. Notasi nada |
c. Tangga nada |
b. Ritme nada a |
d. Melodi |
17. Tangga nada yang di miliki alat musik seperti
piano dan organ adalah…
a. Diatonis |
c. Kromatis |
b. Pentanonis |
d. Pelog |
18. Tangga
nada yang digunakan dalam menyanyikan lagu yang berjudul “ Cing Cangkeling”
adalah tangga nada pentatonis yang berjenis…
a. Melodic |
c. Slendro |
b. Ritmis |
d. Pelog |
II. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
20. Sebutkan
hak- hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!
21. Apakah
yang dimaskud dengan tanggung jawab? Sebutkan tanggung jawab sebagai warga
Negara Indonesia!
Teks bacaan soal No 23- 24
Bahan
Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam
bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada
sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan
panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai
kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat
menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarka panas dengan baik disebut
dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan
isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang
disebut dengan bahan semikonduktor.
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam
bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada
sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan
panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai
kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat
menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut
dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan
isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang
disebut dengan bahan semikonduktor.
Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut
isolator. Beberapa bahan yang termasuk
sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan
bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.
Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan
secara bersamaan pada sebuah alat. Per-
hatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa
digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan
yang ber-fungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada
gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator
berguna untuk mencegah panas dari sumber
panas dialirkan ke pengguna panci. Aliran panas berhenti
pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara
konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk
melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat
tersebut sebagaimana mestinya.
22. Kata
kunci pada paragraph pertama adalah..
23. Sebutkan
informasi yang kamu dapatkan dari paragraph di atas!
24. Sebutkan
perbedaan suhu dan kalor!
25. Apakah
yang dimaksud dengan penyusutan? Sebutkan contoh penyusutan di dalam kehidupan
sehari- hari!
26. Sebutkan
dan jelaskan dua macam interaksi manusia dengan alam!
27. Sebutkan
contoh interaksi manusia dengan lingkungan sekitar!
28. Jelaskan
maksud dari tehnik arsir, tehnik blok , dan tehnik sapuan?
29. Apa
yang di maksud dengan pola lantai dalam seni tari? Sebutkan macam- macam pola
lantai!
Materi soalnya sangat berbobot membuat saya semakin semangat belajar..👍💪
BalasHapussemangat.................................
HapusMaterinya mudah untuk dikerjakan dan membuat saya semangat belajar
BalasHapusBagus semangat........... tunggu soal tema 7
HapusMateri soapnya sangat berbobot membuat saya semangat belajar
BalasHapusDEVIN
BalasHapusmateri soalnya sangat berbobot membuat saya semangat belajar
Soal nya cukup susah tapi itu
BalasHapusMalah membuat saya semakin semangat belejar
Vadhil
HapusSoal cukup banyak tetepi itu yg membuat semagat belajar
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSoalnya cukup susah tapi itu tidak malah membuat saya makin semangat belajar
BalasHapusAyuk
HapusSoalnya susah tapi membuat saya makin giat belajar
BalasHapusMiftah
BalasHapusSoalnya banyak tapi membuat saya makin semangat belajar
BalasHapus